Bupati Pertama Kabupaten Brebes



BREBESNESIA.COM- Sejarah merupakan hal yang penting untuk kita ketahui karena supaya kita bisa mengerti hal apa yang harus dilakukan ke depannya. Setiap daerah pun memiliki sejarahnya masing-masing dan mempunyai sosok pertama yang patut untuk kita kenang karena tanpa perjuangan beliau tidak ada kita sekarang. Daerah Brebes sudah sampai saat ini 2015 sudah memiliki 31 Bupati sejak berdirinya Brebes yaitu pada  18 Januari 1678. Namun tahu kah kita siapa orang yang pertama kali menjabat sebagi Bupati di Brebes ?

Bupati pertama Brebes adalah Tumenggung Arya Suralaya yang memerintah dari tahun 1678 sampai dengan 1683. Pada zaman dahulu sebelum Brebes menjadi Kabupaten tersendiri, wilayah Brebes merupakan bagian dari Kabupaten Tegal. Saat pemerintahan Amangkurat II Mataram yang waktu itu menjabat sebagai pemimpin di Kota Tegal dan atas persetujuan dari Pemerintah Belanda, bagian barat wilayah Tegal dinyatakn sebagai daerah Kabupaten Brebes (Regentschap).

Orang pertama kali yang di percaya untuk memegang kendali di Brebes adalah Arya Martoloyo merupakan salah satu tokoh Kabupaten Tegal atau disebut De Gouverneur Van Brebes atau sebagai Landvoogd. Pada tanggal 17 Januari 1678 Arya Martoloyo melakukan pertemuan di Jepara beramasa Adipati Kerajaan Mataram Se-Jawa Tengah. Pertemuan tersebut berujung pembrontakan karena tidak setuju dengan cara penandatangan naskah kerjasama antara Amangkurat Admiral dengan Belanda terutama dalam menumpas pembrontakan trunjaya dengan imbalan tanah-tanah milik Kerajaan Mataram. Setelah kejadian itu maka keesokan harinya tanggal 18 Januari 1678 Sri Amangkurat II yang berada di Jepara menangkat beberapa Adipati/Bupati sebagai pengganti Adipati yang gugur. Untuk Kabupaten Brebes dijadikan kabupaten mandiri dengan adipati Tumenggung Arya Suralaya yang merupakan adik dari Adipati Arya Martoloyo. Penganggakatan Tumenggung Arya Suralaya sekaligus titimangsa pemecahan Kadipaten Tegal menjadi dua Bagian yaitu bagian Timur tetap Tegal dan bagian Barat di sebut Kabupaten Brebes. Sejak tanggal 18 Januari 1678 maka ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Brebes.

Cukup sekian informasi dari kami tentang Bupati Brebes yang pertama, semoga bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian.
Terima kasih.
Previous
Next Post »